26 Jan Cara Mengatasi ISPA dengan Tanaman Herbal Echinacea Purpurea

Anda tentu pernah mendengar penyakit yang bernama ISPA kan? Penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut adalah penyakit yang ditandai adanya infeksi parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh. Ada dua jenis ISPA  yang umum, yaitu pilek (common cold) dan influenza. Perbedaannya terletak pada gejala dan mikroorganisme penyebab penyakit tersebut.

Pilek adalah salah satu penyakit menular akibat infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas (hidung). Ada 200 virus penyebab pilek, dan Rhinovirus merupakan jenis virus yang paling umum. Gejala pilek yang terjadi misalnya hidung tersumbat, meler, sakit tenggorokan, bersin, batuk, demam dan sakit kepala.

Sedangkan Influenza (flu) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus RNA. Flu dapat ditularkan melalui udara saat seseorang batuk atau bersin. Gejalanya adalah demam, pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala (tingkat sedang sampai parah), kelelahan, mual, muntah, hingga diare.

Mengapa tubuh bisa terserang ISPA?

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem kekebalan tubuh untuk mengenali patogen (bakteri dan virus) dan mengeleminasinya. Namun seperti yang telah dijelaskan di awal, menurunnya kekebalan tubuh menjadi celah bagi virus atau bakteri untuk masuk dan menginfeksi saluran pernapasan.  Kondisi fisik yang lemah ditambah perubahan antigenic pada virus menyebabkan mutasi pada neuraminidase dan hemagglutinine, sehingga virus lebih aktif dalam menghindari sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana mengobati ISPA?

Belum ada obat ISPA hingga saat ini. Sebab secara umum memang belum ada obat yang efektif membunuh kebanyakan virus yang menyerang manusia. Penanganan yang dilakukan biasanya hanya untuk meredakan gejala yang muncul akibat infeksi virus, dan itu bisa dilakukan lewat herbal.

Salah satu herbal untuk membantu meredakan gangguan infeksi saluran pernapasan adalah Echinacea purpurea. Khasiat herbal ini telah dikenal sejak dahulu oleh suku Indian asli, yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan berkembangnya patogen (bakteri dan virus).
Echinacea purpurea merupakan tanaman khas Amerika Utara dan Eropa. Di Indonesia sendiri belum ada yang berhasil membudidayakan tanaman herbal ajaib ini. Namun untuk mendapatkan khasiat terbaik dari herbal Echinacea, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak Echinacea Purpurea. Sedikit tips bagi Anda yang ingin memperoleh produk Echinacea Purpurea berkualitas, Anda disarankan untuk memilih ekstrak Echinacea purpurea dari tanaman yang ditanam dengan perlakuan khusus, dirawat dan dipanen pada saat yang tepat dan diproses pada hari yang sama untuk dijadikan ekstrak. Selama proses tanam hingga panen sama sekali tidak menggunakan pupuk sintetis, obat pembasmi jamur, obat pembasmi hama ataupun pembasmi rumput, sehingga kealamian, kemurnian dan kesegarannya terjaga.