27 Mar Solusi Kulit Terawat Bebas Jerawat

Timbulnya jerawat dapat merusak rasa percaya diri seseorang. Timbulnya jerawat diakibatkan beberapa faktor dimulai dari faktor genetik, perubahan hormonal, stres, efek samping penggunaan kosmetik hingga gaya hidup ataupun lingkungan hidup yang kurang sehat.

Jerawat terjadi karena adanya peningkatan aktivitas pada kelenjar sebum (minyak) yang menyebabkan bertambahnya produksi sebum pada wajah. Tumpukan sebum yang bercampur dengan kotoran serta sel kulit mati akan menyumbat pori-pori dan memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes). Selain itu, inflamasi/peradangan akibat reaksi terhadap bakteri P.acnes, radikal bebas dan hasil pemecahan sebum merupakan salah satu mekanisme yang berperan dalam terjadinya jerawat

Untuk menghindari timbulnya jerawat, Anda perlu memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit setiap harinya. Berikut langkah-langkah mencegah timbulnya jerawat yang dapat dilakukan sehari-hari:

  • Membersihkan wajah dan rambut secara rutin
  • Melakukan eksfoliasi dan peremajaan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati paling tidak seminggu sekali
  • Memperbanyak konsumsi makanan yang menyehatkan kulit seperti sayuran dan buah serta banyak minum air putih
  • Menghindari paparan langsung sinar matahari, gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan
  • Istirahat yang cukup agar sel-sel kulit dapat beregenerasi dengan baik
  • Menghindari stres
  • Menggunakan kosmetik yang cocok bagi kulit
  • Memperhatikan kebersihan peralatan yang bersentuhan dengan kulit seperti handuk, pakaian, sprei/sarung bantal dll.

 

Namun apabila jerawat sudah terlanjur timbul di wajah Anda, jangan sekali-sekali Anda memencetnya karena hal ini akan memperburuk kondisi kulit serta dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan menimbulkan luka. Untuk mengatasinya ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kulit dari jerawat, mulai dari menggunakan teknologi kedokteran yang modern hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Pastikan langkah yang Anda pilih selain efektif juga aman bagi tubuh. Salah satunya adalah dengan mencukupi asupan vitamin E harian. Vitamin E diketahui berperan sebagai antioksidan kuat yang larut dalam lemak, yang mampu memperlancar sirkulasi darah, mengurangi terjadinya inflamasi/peradangan yang merupakan salah satu mekanisme yang berperan dalam terjadinya jerawat.

Untuk mencukupi asupan vitamin E alami dapat Anda peroleh dengan mengonsumi makanan yang kaya akan vitamin E seperti dari buah alpukat, kacang almond, biji bunga matahari, sayur kale, bayam dan sebagainya. Namun bagi Anda yang memiliki kesibukan cukup tinggi, Anda dapat melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin E.