30 May Bisa Jadi ini Alasan Perut Anda Terasa Begah

Dispepsia merupakan gejala pada perut bagian atas yang diduga timbul akibat kelalaian dalam menjaga asupan makanan serta adanya kelainan pada saluran gastrointestinal bagian atas. Dispepsia adalah gejala dan bukan diagnosis. Gejalanya bisa berlangsung selama beberapa dekade (bahkan seumur hidup) dan umumnya bersifat kambuh-an (hilang dan timbul). Dispepsia juga diketahui sebagai salah satu gangguan gastrointestinal yang paling umum terjadi, setidaknya dispepsia menyerang 25% dari populasi selama setahun. Prevalensinya juga bervariasi di berbagai negara, tergantung pada tingkat infeksi Helicobacter pylori (H. pylori), obesitas, konsumsi alkohol, tembakau serta beberapa rempah-rempah dalam makanan.

Buruknya sistem pencernaan dapat disebabkan oleh banyak hal, namun salah satu penyebab yang jarang diketahui adalah kurangnya enzim pencernaan. Sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan (mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, rektum dan berakhir di anus) dan kelenjar pencernaan (liver, kandung empedu, pankreas). Beberapa organ tersebut mensekresikan enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan sehingga lebih mudah diserap.

Kekurangan enzim pencernaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain adanya sumbatan pada saluran sekresi pankreas, minum alkohol berlebihan, kekurangan mikronutrient (vitamin dan mineral), diet tinggi kalori, kurangnya aktivitas fisik, stress, merokok dan juga usia. Semakin bertambahnya usia, terdapat penurunan dalam fungsi pencernaan dan pankreas.