27 Jan Kunci Kebebasan Bergerak Aktif

Dalam tubuh manusia, tersusun tulang yang saling tersambung satu sama lain. Tulang atau kerangka dalam tubuh manusia memiliki peran yang sangat krusial dalam kehidupan manusia, antara lain:

  • Sebagai penopang yang menahan seluruh bagian tubuh.
  • Rangka menjadi tempat perlekatan otot rangka dan memiliki sendi sehingga mampu menghasilkan pergerakan anggota tubuh (motion) atau melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain (locomotion).
  • Melindungi organ tubuh bagian dalam seperti otak, jantung, dan paru-paru.
  • Pembentukan sel-sel darah (Hematopoiesis).
  • Sistem rangka juga menjadi tempat cadangan mineral.
  • Memberi bentuk/struktur tubuh.

Hampir 39% komponen dari tulang merupakan kalsium, oleh karena itu kalsium merupakan mineral terpenting yang menjadi komponen utama penyusun tulang dan gigi. Selain terdapat pada tulang dan gigi, kalsium juga terlarut dalam darah yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, antara lain kontraksi otot, pengantar impuls syaraf.

Tulang saling berhubungan dengan perantara yang disebut sendi atau artikulasi. Setiap persendian memiliki lapisan bantalan tulang rawan pada setiap ujung tulang. Tulang rawan ini akan menyerap dan mendistriusikan tekanan. Selain itu pada sendi terdapat cairan sinovial yang berfungsi melapisi dan melubrikasi tulang rawan sendi dan mencegah kerusakan akibat gesekan selama pergerakan. Melihat fungsi persendian yang mempunyai peranan penting dalam menunjang segala bentuk aktivitas dan gerak manusia maka kesehatan sendi sangat perlu untuk dijaga sedini mungkin.

Ancaman Penyakit Kronis Tulang dan Sendi

Seperti bagian atau organ tubuh lainnya, tulang dan sendi juga memiliki beberapa masalah kesehatan. Masalah yang sering ditemui antara lain:

  • Osteoporosis:
    Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya massa dan kepadatan tulang sehingga tulang menjadi lemah dan keropos. Salah satu faktor risiko  penyakit ini dikarenakan tubuh kekurangan asupan kalsium dan vitamin D yang menyebabkan tulang keropos secara progresif dan menimbulkan risiko patah tulang pada saat yang tidak terduga. Berdasarkan alasan itulah Anda disarankan mengonsumsi makanan/minuman yang kaya akan kandungan kalsium seperti susu, keju, kacang-kacangan, sayuran dan buah atau dapat juga diperoleh dari produk suplemen kalsium.
  • Osteoarthritis:
    Osteoarthiritis merupakan kelainan mekanik (peradangan sendi) yang diakibatkan oleh degradasi sendi, berupa pengikisan tulang rawan persendian yang umumnya menyerang sendi-sendi penopang tubuh seperti lutut, pinggul dan tulang belakang. Osteoarthritis tidak bisa dipulihkan, sehingga Anda disarankan mencegah osteoarthritis sedini mungkin dimulai dari menurunkan berat badan, melakukan gerakan senam atau berenang, dan mengonsumsi suplemen yang kaya akan glucosamin, condroitin dan MSM untuk menjaga kesehatan sendi.