14 Jun Puasa, Solusi Hidup Sehat Paling Murah

Hidup sehat hanya akan terjadi bilamana ada kemauan untuk displin dari dalam diri untuk menjalankan pola hidup sehat yang teratur. Bagi sebagian orang terutama umat Islam, berpuasa menjadi salah satu solusi untuk melatih kedisplinan untuk menjaga pola hidup sehat yakni dengan memberikan pola makan pada tubuh yang lebih teratur. Berpuasa tidak dipungkiri memberikan khasiat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh manusia, namun bila salah dalam menerapkannya, berpuasa juga dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan.

Menjalankan aktivitas berpuasa yang benar sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi psikis seseorang. Berpuasa sejatinya dapat berguna dalam menanggulangi stres dan depresi bagi sebagian orang karena mereka berusaha untuk mengendalikan diri sendiri dan emosi. Selain itu, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental.

Sedangkan bagi kesehatan fisik, berpuasa diketahui dapat memberikan keuntungan bagi yang menjalankan seperti:

  • Membantu Memperbaiki Kondisi Kesehatan

Berpuasa yang benar ditambah dengan mengatur pola dan asupan makan yang sehat saat sahur dan berbuka sangat bermanfaat bagi tubuh. Diketahui dengan melakukan hal tersebut mampu membantu perbaikan beberapa kondisi penyakit seperti seperti radang sendi, radang usus besar, eksim, dan psoriasis.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Keuntungan bagi orang yang berpuasa adalah memiliki kondisi jantung yang lebih sehat. Karena berdasarkan penelitian orang yang berpuasa memiliki tingkat risiko serangan jantung yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Selain itu, ada juga penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu risiko diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh mengingat adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi risiko penyakit jantung, seperti pola makan dan olahraga teratur.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang terbentuk akibat laju pembelahan sel yang tidak terkontrol secara cepat. Dengan berpuasa, laju pembelahan sel dapat terjadi dengan lebih teratur, karena aktivitas puasa akan membatasi asupan makanan pada tubuh yang menjadi bahan bakar perkembangan sel tubuh. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa tikus yang berpuasa diketahui memiliki tingkat risiko kanker yang lebih rendah. Namun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih dalam pada manusia.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Jika berpuasa dilakukan dengan benar, yakni tidak mengasup makanan berlebihan baik saat sahur dan berbuka maka puasa akan memberikan keuntungan tambahan yakni untuk menjaga berat badan yang ideal. Saat berpuasa penurunan angka berat badan dan kadar kolesterol tubuh terjadi melalui proses pembakaran lemak yang diubah menjadi energi. Hal ini terbilang positif karena turunnya berat badan (berat badan yang ideal) dapat memberikan pengaruh dalam pengendalian risiko diabetes dan tekanan darah yang lebih baik.

Kesalahan-Kesalahan Dalam Berpuasa

Lapar mata adalah kesalahan umum yang sering kali menjebak mereka yang berpuasa setelah seharian menahan rasa lapar dan haus. Puncaknya pada saat berbuka kita cenderung mengonsumsi apa saja yang tersaji di depan mata, padahal pada faktanya hal ini sangat tidak baik bagi tubuh, kenapa?