30 Sep Tips Memilih Suplemen Persendian

Memilih suplemen untuk sendi mungkin bagi sebagian orang bukan hal yang  membutuhkan ketelitian ekstra. Sebab, suplemen persendian umumnya kalah populer dibandingkan dengan suplemen tulang. Ya, banyak orang lebih memerhatikan suplemen untuk menutrisi tulangnya ketimbang sendinya. Padahal, sendi dan tulang membutuhkan nutrisi yang berbeda namun sama pentingnya. Jika tulang membutuhkan kalsium, maka sendi membutuhkan Chondroitin dan Glucosamine.

Chondroitin merupakan bagian dari protein yang memberikan sifat elastis pada tulang rawan. Chondroitin teruji secara klinis efektif merangsang perbaikan tulang rawan sendi (kartilago) yang mengapur seiring bertambahnya usia, mengisi kembali cairan alami sendi (meminyaki) dan mengurangi nyeri serta kaku tanpa menimbulkan efek samping pada pencernaan (lambung). Selain berperan secara efektif sebagai pelumas tulang rawan, Chondroitin juga berperan sebagai antiinflamasi yang membantu mengurangi rasa nyeri akibat gesekan antar tulang pada persendian.

Selain itu, sendi membutuhkan Glucosamine yang merupakan senyawa pembangun penting untuk tulang rawan pada persendian. Secara alami, tubuh memiliki kemampuan untuk menyintesa Glucosamine. Akan tetapi, kemampuan tubuh terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya potensi osteoarthritis (radang sendi). Glucosamine berperan menghambat penurunan kandungan komponen utama tulang rawan bernama glikosaminoglikan (GAG) dan mencegah pengikisan tulang, sehingga bermanfaat untuk melindungi dan memperbaiki kondisi tulang rawan.

Glucosamine tersedia dalam beberapa bentuk, yaitu Glucosamine Sulfat, Glucosamine Hidrochloride (Glucosamine HCl), dan N-asetil-Glucosamine. Anda perlu waspada terhadap Glucosamine Sulfat karena Glucosamine jenis ini mengandung garam yang cukup tinggi. Hampir 30 persennya mengandung garam natrium. Tingginya kandungan natrium ini perlu diwaspadai bagi Anda yang mempunyai masalah hipertensi. Sebab, asupan garam natrium yang tinggi akan memicu pengentalan darah dan elastisitas berkurangnya pembuluh darah sehingga potensi serangan jantung maupun stroke akan meningkat.

Anda yang sedang memilih suplemen sendi lebih direkomendasikan untuk memilih Glucosamine jenis Hidrochloride (HCl), karena  mengandung lebih banyak bahan aktif dibandingkan jenis Glucosamine lainnya. Selain efektif meringankan gejala dan nyeri yang ditimbulkan oleh osteoarthritis, Glucosamine HCl juga ramah bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena Glucosamine ini tidak mengandung garam.

Salah satu sumber hewani yang kaya akan Glucosamine HCl adalah tulang rawan ikan hiu, sedangkan Chondroitin banyak terdapat pada cangkang kepiting, lobster dan udang. National Institutes of Health membuktikan bahwa kombinasi Glucosamine dan Chondroitin punya kemampuan yang sama dengan obat-obatan penghilang nyeri sendi dalam mengurangi rasa sakit pada persendian akibat peradangan pada sendi. Jadi, pastikan suplemen sendi Anda mengandung Glucosamine HCl dan Chondroitin agar sendi tetap sehat tanpa risiko hipertensi.