Gigi Berlubang Bisa Dicegah dengan Mineral dan Vitamin Ini

Gigi Berlubang Bisa Dicegah dengan Mineral dan Vitamin Ini

Gigi berlubang terjadi karena lapisan email terkikis oleh lingkungan asam yang terbentuk dari sisa-sisa makanan. Bisakah mineral dan vitamin tertentu membantu mencegahnya? Simak artikel ini.


Ketahui Penyebabnya

Saat sisa-sisa makanan seperti roti, kue, sereal, susu, buah atau permen tertinggal di mulut, bakteri akan mengubahnya menjadi asam yang kemudian membentuk plak. Sifat asam dalam plak ini lama kelamaan akan mengikis lapisan email sehingga membentuk lubang.

Beberapa hal perlu diperhatikan karena dapat memperbesar kemungkinan terjadinya masalah pada gigi ini:

  1. Makanan dan minuman lengket. Makanan seperti gula, soda, susu, es krim, sereal dan keripik mudah tertinggal dan membusuk.
  2. Jarang dibersihkan. Tidak sikat gigi setelah makan atau minum dapat menyebabkan terbentuknya pembusukan sisa makanan dan plak. 
  3. Kekurangan Fluoride. Mineral ini bermanfaat mencegah gigi berlubang. Selain terbentuk secara alami, fluoride juga terdapat pada odol, mouthwash dan air minum. 
  4. Mulut kering. Air liur yang kurang tidak akan bisa membersihkan sisa makanan dan plak.
  5. Gangguan makan. Muntah berulang kali akan menyebabkan asam lambung melarutkan lapisan email sehingga menjadi tipis atau terkikis.
  6. Penyakit asam lambung. Asam lambung yang mengalir ke kerongkongan akan sampai ke mulut dan mengikis lapisan email.


Bantu Cegah dengan Mineral dan Vitamin

Selain Fluoride, mineral dan vitamin tertentu diketahui dapat membantu mencegah gigi berlubang yaitu:

  1. Kalsium

Tubuh menggunakan kalsium untuk memproduksi Kristal kalsium fosfat yang membentuk lapisan email yang keras yang mengelilingi dan melindungi gigi. Kalsium bisa didapat dari susu, keju dan yogurt. 

  1. Magnesium

Magnesium and kalsium bersinergi dan saling melengkapi untuk membentuk lapisan email yang kuat. Asupan kalsium tanpa magnesium akan menghasilkan lapisan email yang lembut sehingga tidak bisa menahan asam yang menyebabkan kerusakan gigi. Magnesium dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berwarna gelap.

  1. Vitamin D

Vitamin D berperan sebagai komunikator yang memberi sinyal atau perintah pada usus untuk menyerap kalsium. Vitamin D dan kalsium yang cukup membentuk gigi lebih padat dan jauh lebih kuat sehingga mencegah retak. Vitamin ini terdapat pada telur, ikan dan produk susu seperti keju.

Melihat penting dan saling terkaitnya 3 mineral di atas untuk mencegah gigi berlubang, kita harus memastikan ketiganya tercukupi. Selain dari makanan sehari-hari, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan seperti Nutracare Cal Mag Citrate with Vitamin D 200 IU. Produk ini mengandung 3 mineral penting di atas dengan rasio kalsium versus magnesium yang ideal yaitu 2:1. Nutracare Cal Mag Citrate with Vitamin D 200 IU juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.