Musim Hujan, Siap-Siap Hadapi Flu Dengan Ini

Musim Hujan, Siap-Siap Hadapi Flu Dengan Ini

Musim Hujan, Siap-Siap Hadapi Flu Dengan Ini

Saat musim hujan tubuh cenderung mudah terkena flu. Mengapa demikian? Dan bagaimana cara untuk mencegah atau mengatasi serangan flu yang marak di musim hujan? Simak artikel ini.

Di musim hujan kita mengalami perubahan suhu yang ekstrim dari panas terik menjadi ekstrim dingin saat hujan turun dengan derasnya. Kondisi ini menuntut tubuh beradaptasi sehingga dapat melemahkan daya tahan tubuh. Kondisi lingkungan yang lembab memudahkan virus flu menyebar dan menular. Ditambah lagi dengan paparan sinar matahari yang kurang, padahal itu sangat dibutuhkan untuk sistem imun tubuh, menjadikan kita makin beresiko terkena serangan flu di musim hujan.

Pencegahan Flu Di Musim Hujan


Flu atau influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan terkadang paru-paru. Virus influenza mudah menular lewat droplet saat batuk dan bersin serta lewat sentuhan area yang terkontaminasi virus tersebut. Agar terhindar dari penularan flu kita harus menjalankan gaya hidup sehat dan memperkuat daya tahan tubuh, yaitu dengan cara:

  • Menjaga kebersihan

Rajin cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah menyentuh benda kotor untuk mencegah penyebaran virus influenza.

  • Olahraga dan istirahat cukup

Olahraga 30 menit 3 kali seminggu serta menjaga waktu tidur di rentang 7 – 9 jam per hari untuk membantu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

  • Konsumsi makanan bergizi

Pilih sayur dan buah berwarna hijau gelap, kuning, dan merah. Perbanyak konsumsi protein, seperti telur, daging, atau ikan untuk memperkuat daya tahan tubuh

  • Memakai masker

Masker melindungi kita dari percikan ludah atau dahak penderita flu sehingga kita tidak tertular.

Selain upaya-upaya di atas, kita juga dapat memanfaatkan herba atau tanaman berkhasiat Echinacea. Echinacea adalah nama sekelompok tanaman berbunga yang berasal dari Amerika Utara. Ada beberapa jenis Echinacea antara lain: Echinacea pallida, Echinacea laevigata, dan Echinacea tennesseensis, namun satu yang paling populer adalah jenis Echinacea purpurea.

Memanfaatkan Herba Echinacea

Daun dan akar Echinacea sejak lama sudah digunakan di praktek pengobatan tradisional untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Echinacea populer sebagai obat alami untuk mengurangi gejala pilek dan flu seperti tersumbat, bersin, dan tekanan sinus.

Meski masih diperlukan penelitian lanjutan, beberapa riset telah menunjukkan bahwa Echinacea bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi flu dan pilek:

  • 16 penelitian menyimpulkan Echinacea lebih efektif dalam mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek disbanding plasebo.
  • 14 penelitian menyatakan Echinacea bisa mengurangi kemungkinan terkena flu sebesar 58% dan mempersingkat durasi gejala hingga 1.4 hari.
  • Penelitian pada 80 orang membuktikan bahwa konsumsi echinacea pada awal gejala pilek dapat mengurangi durasi gejala sebesar 67%, dibandingkan dengan plasebo.
  • Penelitian pada 473 orang yang sedang flu, minuman dari bahan Echinacea memiliki efektivitas yang sama dengan obat antivirus untuk mengobati gejala flu.

Untuk memperoleh manfaat kesehatan Echinacea purpurea guna mencegah dan mengatasi flu sangatlah mudah. Anda dapat mengkonsumsi produk Nutracare Echinacea Extract dalam bentuk softgel. Produk ini dibuat dari ekstrak Echinacea purpurea yang dibudidayakan secara organik dan dianjurkan dengan dosis 3 – 5 softgel per hari.