26 Apr Konstipasi, Penyebab dan Solusinya (Lanjutan)

(Lanjutan)

memperbaiki asupan makanan Anda, karena bisa jadi Anda kekurangan serat. Asupan serat dibutuhkan tubuh sebagai bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna. Asupan serat yang diperoleh dari buah, sayur, biji-bijian utuh dan kacang-kacangan, mampu membantu tinja menjadi lunak sehingga lebih mudah bergerak sepanjang saluran pencernaan. Lalu asupan makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi saat tubuh mengalami sembelit?

Cobalah untuk mengonsumsi buah seperti stroberi, blackberry dan kiwi karena termasuk golongan buah berserat tinggi. Anda juga dapat mengonsumsi roti gandum karena selain mengandung serat lebih banyak, roti gandum juga lebih rendah kalori sehingga bagus untuk tubuh Anda. Sedangkan sayuran hijau yang kaya serat adalah brokoli, mengonsumsi brokoli bukan hanya bagus untuk pencernaan Anda tetapi juga mampu menjauhkan Anda dari penyakit serius seperti kanker karena mengandung antioksidan tinggi.

Namun biasanya kesibukan sehari-hari yang tinggi khususnya para kaum urban atau mereka yang tinggal di perkotaan besar seperti Jakarta berpotensi memiliki kesulitan untuk mengonsumsi makan-makan di atas secara rutin. Untuk itu agar kecukupan serat Anda dapat tercukupi disarankan juga untuk Anda mengonsumsi suplemen kesehatan yang kaya akan serat, namun pastikan juga suplemen kesehatan yang Anda konsumsi terbuat dari bahan alami yang berkualitas.

Halaman Sebelumnya